SEMARAK FESTIVAL HAFIZ AL QUR,AN

By Redaksi 14 Jan 2020, 19:32:46 WIB Pendidikan
SEMARAK FESTIVAL HAFIZ AL QUR,AN

Keterangan Gambar : Para juara di Festival Hizdhul Quran (foto istimewa/ BIM)


Tegal, Jnews

Menghadirkan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas baik menjadi salah satu alasan mengapa berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea ke-4 bahwa salah satu tujuan bangsa Indonesia adalah Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Kiranya hal ini juga yang menjadi landasan Yayasan Bina Insan Mulia mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka membangun SDM yang paripurna.

Yayasan BIM yang terletak di Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal selain mendirikan Pondok Pesantren, Masjid dan Panti Asuhan, juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Pendidikan, Sosial dan Dakwah. Pada kesempatan ini, Yayasan menyelenggarakan kegiatan Festival Hafiz Al-Qur'an yang diselenggarakan di Panti Asuhan Bina Insan Mulia.

"Mungkin ini hal kecil yang dapat kami lakukan dalam rangka ikut andil dalam membangun serta meningkatkan kualitas SDM, terutama membangun mental spiritual. Namun dengan motivasi, bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak akan menjadi besar in sya Allah." Demikian yang disampaikan oleh Ustadz Junaedi Abdillah, Pembina Yayasan BIM saat pembukaan Festival Hifdz Al-Qur'an, Sabtu, 11 Januari 2020

Festival Hafiz Al-Qur'an ini dihadiri oleh H. Jamaludin dari Kementerian Agama Kabupaten Tegal serta dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Dra Nurhayati, M.M. Dalam sambutannya Nurhayati menyambut positif kegiatan seperti ini serta mengajak kepada seluruh stakeholder yang ada untuk bersinergi dalam membangun generasi penerus bangsa. Nurhayati juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini dalam mewujudkan program pemerintah Manusia Unggul Indonesia Maju. Informasi yang dengan mudah didapat oleh anak membutuhkan bimbingan orang tua agar tidak keliru dalam memahami dan memaknai informasi tersebut. "Bapak ibu harus jeli, harus benar-benar waspada harus ikut juga melihat apa yang diakses oleh anak-anak kita," ujar Nurhayati.

Festival yang menyiapkan tiket ibadah Umroh ini, diikuti oleh 39 anak dari berbagai penjuru di Kabupaten Tegal. Menariknya Syekh Abdullah Syajaroh dari Pesantren Darul Qur'an Tangerang yang secara khusus datang menjadi Juri Utama serta dibantu oleh Ustadz Teungku Abdul Lathif Al-Hafidz pada kegiatan ini memberikan nilai yang sama kepada 2 orang peserta. Briliana Iftina Zuftrial dan Aina Naila Husna kemudian diajak ke kantor LKSA Bina Insan Mulia untuk dilakukan penilaian lanjutan.

Diskusi juri yang cukup panjang, selain mengemukakan dalil-dalil dari keilmuan dewan juri yang mumpuni juga melibatkan perasaan karena lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dibaca sangat menyentuh hati. Setelah Dewan Juri berdiskusi dengan Panitia serta Pengarah Kegiatan, diputuskan Briliana Iftina Zuftrial menjadi Juara 1, Aina Naila Husna juga mendapatkan hadiah tiket Umroh karena mendapatkan nilai yang sama dengan Briliana Iftina Zuftrial. Kegiatan ini ditutup saat jarum jam tepat menunjukkan pukul 17, semoga dengan mencintai Al-Qur'an, menjadikan kita semua mendapatkan Ridho Allah.

(Abu Abiyyuzar/Jnews)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment